download

Popular Post

Popular Posts

Selasa, 06 Juni 2017



TUGAS MEREVISI
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT







 








DISUSUN OLEH :
MAMIK ANDRIYANI                                (14311005)
SAFIRA CAHYANI ULA MUHIDIA       (14311014)
LIMAS AWAYNA                                       (14311017)
ANNISA MARINDA SALAM                   (14311040)


FAKULTAS EKONOMI
PRODI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
2016



Pertumbuhan bisnis kendaraan di Indonesia semakin berkembang terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan atau dealer-dealer dengan berbagai macam konsep. Sehingga tingkat persaingan juga semakin tinggi. Dengan persaingan yang tinggi maka setiap perusahaan pasti akan berusaha mencuri perhatian pelanggan. Berbagai macam cara seperti meningkatkan kualitas produk, kualitas layanan, dekorasi perusahaan atau ruangan, seta meningkatkan kualitas pemasaran. Kebijakan merupakan aliran strategi, kebijakan menyediakan pedoman luas yang menghubungkan perumusan strategi dan implementasi. Kebijakan kemudian diimplementasikan melalui strategi dan divisi suatu perusahaan. Kebijakan dibuat untuk menjamin target penjualan dari perusahaan dapat terpenuhi. Salah satu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi dalam penjualan mobil di indonesia adalah Toyota . Toyota adalah perusahaan dengan tingkat penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2010.
Toyota memiliki kebijakan yang mengatur aktifitas personal selling malalui dealer resmi yang terbesar di penjuru indonesia. Salah satu dealer resmi Toyota terbesar yang menguasai 70-80% total penjualan mobil toyota adalah PT.Astra Internasional Tbk-TSO AUTO 2000. Auto 2000 adalah jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang Toyota yang manajemenya ditangani penuh oleh PT. Astra Internasional, Tbk. Banyaknya penjualan yang produk Auto 2000 ini memberikan kontibusi yang cukup besar bagi negara karena menambah devisa negara dari industri sejenisnya.  Ada berbagai cabang dari Auto 2000, salah satunya adalah cabang Auto 2000 yang berada di Malang. Auto 2000 cabang Sutoyo Malang menerapkan kebijakan Customer Relationship Management sebagai salah satu cara untuk menjaga loyalitas pelanggan. Sehingga dapat terjalin orang-ke orang dimana pihak penerima (receiver) dapat memberikan umpan balik segera kepada sumber pesa (source) melalui kata-kata, gerik-gerik, ekspresi wajah, dan sebagainya. Banyaknya penjualan mobil dan service mobil yang dilakukan oleh Auto 2000 tidak lepas dari CRM yang dilakukan oleh perusahaan kepada pelanggan. CRM yang dilakukan oleh AUTO 2000 Cabang Sutoyo Malang meliputi identifikasi, diferensiasi, interaksi, dan customize.
Analisis
Jadi, strategi yang dilakukan AUTO 2000 Cabang Sutoyo Malang menggunakan ekosistem CRM yang meliputi aspek operasional, aspek kolaborasi, dan aspek analisis. Pada aspek opeasional AUTO 2000 Cabang Sutoyo Malang menggunakan kegiatan customize (Kustomisasi) dan Differentiate (Diferensiasi). Customize (Kustomisasi) yang merupakan usaha perusahaan dalam beradaptasi dengan kebiasaan pelanggan berdasarkan kebutuhan individu dan customer value. Di dalam membangun sebuah hubungan yang baik dengan pelanggan, sedapat mungkin bisa mempelajari berbagai macam hal yang bisa memuaskan pelanggan. Differentiate (Diferensiasi yang merupakan kegiatan perusahaan dalam mengelompokkan pelanggan berdasarkan customer value, sehingga perusahaan bisa membuat keputusan yang benar dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya, karena tiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda.
Pada aspek kolaborasi AUTO 2000 Cabang Sutoyo Malang menggunakan kegiatan Interact (Interaksi) yang merupakan proses hubungan timbal balik yang dilakukan oleh perusahaan dengan pelanggan. Perusahaan harus bisa berinteraksi secara efektif dengan pelanggan. Semua tindakan yang diambil harus berdasarkan konteks hubungan dengan pelanggan sebelumnya.
Sedangkan pada aspek analisis AUTO 2000 Cabang Sutoyo Malang menggunakan kegiatan  Identify (Identifikasi) Merupakan pengenalan atas pelanggan, pemahaman dapat diperoleh melalui data. Tujuan utama mengumpulkan informasi tentang pelanggan adalah untuk membuat hubungan antar perusahaan dan pelanggan menjadi lebih dekat dan lebih menguntungkan, baik bagi perusahaan maupun bagi pelanggan.
Semua itu dilakukan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan dan terciptanya brand salience yang terbukti bahwa Toyota memiliki kebijakan yang mengatur aktifitas personal selling malalui dealer resmi yang terbesar di penjuru indonesia. Salah satu dealer resmi Toyota terbesar yang menguasai kurang lebih 70-80% total penjualan mobil toyota adalah PT.Astra Internasional Tbk-TSO AUTO 2000. Selain itu banyaknya penjualan yang produk Auto 2000 ini memberikan kontibusi yang cukup besar bagi negara karena menambah devisa negara dari industri sejenisnya.


Saran
Diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan CRM nya yang termasuk didalamnya yaitu identifikasi, diferensiasi, interaksi, dan customize karena mempunyai pengaruh yang besar pada Loyalitas pelanggan, sehingga jika perusahaan dapat meningkatkan faktor-faktor yang ada dalam CRM maka Loyalitas pelanggan  akan meningkat. Jika nantinya akan dibuat sebuah penelitian harus bisa lebih detail menjelaskan keakuratan data pada loyalitas pelanggannya, agar bisa lebih memperbanyak dalam penjualan dan minat untuk para pelanggan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Silahkan Mengunjungi - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -