download

Popular Post

Popular Posts

Selasa, 06 Juni 2017



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam perekonomian global yang sering muncul, sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan sistem manajemen sebuah organisasi ataupun industri dalam mewujudkan visi dan misi organisasi atau industri.
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di Pemerintah ada juga yang tidak terdaftar. Produk dan jasa yang kita nikmati sehari-hari sebagian besar berasal dari perusahaan, namun kita tidak pernah menyadari hal tersebut.
Manajemen Perusahaan sekarang ini telah berkembang menjadi sebuah bisnis yang sering dihadapi oleh pelanggan dan dapat mendayagunakan produk dan jasa yang diberikan Perusahaan yang memungkinkan setiap peluang yang terjadi untuk memperluas Perusahaan pada pasar di dunia.
Banyaknya persaingan antara perusahaan akan membuat perusahaan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya baik berupa produk maupun jasa. Untuk itu perusahaan membutuhkan tenaga yang handal agar dapat bertindak sebagai jembatan antara perusahaan dan pelanggan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.
PT. Mayora Indah Tbk atau Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia yang termasuk kegiatan perseroan di bidang industri yang menghasilkan berbagai produk inovasi olahan makanan dan minuman. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 14 Juli 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT. Unita Branindo sebanyak 32,93%. Hasil produksi dalam perusahaan ini banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. PT. Mayora Indah Tbk dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk-produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing-masing.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah PT. Mayora Indah Tbk
PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas telah membuat PT. Mayora Indah Tbk diakui di Industri Fast Moving Cunsomer Goods. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara Negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia, yaitu di Negara seberang lautan seperti Malaysia, Thailand, Philiphines, Vietnam, Singapore, Hongkong, Saudi Arabia, Australia, Africa, America, dan Italy. Dengan jumlah karyawan dan anak perusahaan hingga saat ini sebanyak 5300 karyawan.
Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money, “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa, “Top 100 public listed companies” dari majalah Investor Indonesia, “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia, dan banyak lagi penghargaan lainnya.
Dengan inovasi-inovasi terbaru yang dilakukan perusahaan semakin memperkokoh posisi Mayora di pasar global. Terbukti bahwa produk-produk yang dikeluarkan Mayora tidak hanya mampu memenuhi konsumen yang ada di dalam negeri saja, namun telah menjangkau kosumen luar negeri bahkan hamper menyebar di seluruh dunia. Hasil ini dapat dicapai berkat dukungan dari jaringan distribusi yang kuat selain tersedianya fasilitas dengan sistem logistic dan pengelolaan gudang yang modern.

2.2 Visi dan Misi PT. Mayora Tbk
      Sebagian besar organisasi memulai proses perencanaan strategis internasionalnya dengan menciptakan sebuah pernyataan misi (mission statement), yang menjelaskan tujuan, nilai, dan arah organisasi. Pernyataan misi seringkali digunakan sebagai cara berkomunikasi dengan konsistuen internal dan eksternal serta pemangku kepentingan tentang arahan strategis perusahaan. Misi dapat berupa faktor-faktor seperti target pelanggan dan pasar perusahaan, produk atau jasa utama, daerah geografis, teknologi inti, kekhawatiran untuk tetap bertahan hidup, rencana pertumbuhan dan profitabilitas, serta kesan public yang diinginkan.
Tidak hanya ada pernyataan misi saja, tetapi pasti juga ada visi di dalam perusahaan. Visi dapat diartikan sebagai suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuam-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi tidak dapat dijelaskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Dalam PT. Mayora Indah Tbk ini terdapat visi dan misi perusahaan, sebagai berikut:
1.      Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produksi sejenis.
2.      Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi di atas rata-rata industri dan memberikan value added yang baik bagi stakeholders Perseroan.
3.      Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan Negara dimana Perseroan berada.

2.3 Sejarah Perkembangan PT. Mayora Indah Tbk
Berikut ini adalah sejarah perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun :
1.      1978 : Tahun 1978 PT Mayota Indah Tbk didirikan dan mulai mengkomersialkan produknya dengan produksi utama biskuit yang berlokasi di Tangerang.
2.      1990 : PT Mayora Indah Tbk mulai menjual saham kepada masyarakat atau sering dikenal dengan go public melalui pasar perdana (IPO) sebagai berhasil dengan berdirinya beberapa  pabrik di Tangerang, Bekasi dan Surabaya.
3.      1995 : Dengan dukungan jaringan distribusi yang kuat dan luas. Produk PT Mayora Indah Tbk sudah dapat diperoleh diseluruh Indonesia dan belahan Negara seperti Malaysia, Philipina, Arab Saudi, Amerika, Thailand, Vietnam, Singapore, Hongkong, Australia hingga Afrika.
4.      1997 : Perusahaan terakhir kali merubah Anggaran dasar Perubahan berupa Maksud dan Tujuan perusahaan untuk lebih memperjelas kinerja perusahaan dan menarik investor.
5.      2003 : Memperoleh penghargaan peringkat pertama dalam produk makanan dan minuman (food and beverages) sebagai jajaran manajemen terbaik di Indonesia “top five managed companies in Indonesia” oleh Asia Money.
6.      2004 : PT Mayora Indah Tbk kembali diberi penghargaan sebagai Produsen produk halal terbaik oleh Majelis Ulama Islam (MUI).
7.      2007 : Untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan maka PT Mayora Indah Tbk mengikat akad kredit selama 5 tahun untuk pembelian mesin-mesin baru.
8.      2010 : Setelah melalui krisis yang terjadi di Indonesia, PT Mayora Indah Tbk tetap menaikan pangsa pasar. Perseroan berencana memperkuat Kapasitasnya sebesar 20% per tahun dalam 4 tahun ke depan. Target tersebut berpotensi menumbuhkan rata-rata laba perseroan sebesar 28% per tahun. Rencana itu memperkuat profil pendapatan perseroan yang telah tumbuh 24% dalam 1 dekade terakhir. Satu-satunya risiko mayor yang harus diantisipasi hanyalah persoalan biaya produksi, terutama naiknya harga bahan mentah, seperti gula dan minyak sawit. Kedua bahan baku ini menyumbang 55% terhadap beban pokok penjualan (cost of good sold/COGS).

2.4 Kegiatan Usaha dan Jenis Produk PT. Mayora Indah Tbk
      Sesuai dengan anggaran dasarnya, kegiatan usaha Perseroan siantaranya dalam bidang industri. Saat ini PT. Mayora Indah Tbk, dan entitas anak memproduksi dan secara umum mengklarifikasikan produk yang dihasilkannya ke dalam 6 (enam) divisi yang masing-masing mengahsilkan produk berbeda namun terintegrasi, meliputi:
Devisi / Division
Merek dagang / Brand
Biskuit / Biscuits
Roma Marie Susu, Roma kelapa, Roma Kelapa Sandwich, Roma Malkist, Roma Malkist Abon, Roma Malkist Seaweed, Roma Malkist Coklat, Roma Malkist Garlic Butter, Cream Creakers, Danisa, Royal Choice, Better, Muuch Better, Slai O Lai, Slai O Lai Twice, Sari Gandum, Sari Gandum Sandwich, Coffeejoy, Chees'kress, Roma Cookies Coklat, Roma Cookies Pineapple, dll.
Kembang Gula / Candies
Kopiko, Kopiko Cappuccino, KIS, KIS Chewy, Tamarin, juizy Milk, dll.
Wafer / Wafer
Beng-beng, Beng-beng Maxx, Astor, Astor Skinny Roll, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju, dll.
Coklat / Chocolate
Choki-choki
Kopi / Coffe
Torabika Duo, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappuccino, Torabika Jahe Susu, Torabika Creamy Latte, Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, Kopiko White Mocca.
Makanan Kesehatan / Health Food
Energen Cereal, Energen Oatmik, Energen Go Fruit.
Di Indonesia, Perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk-produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing-masing.
Hingga saat ini, Perseroan dan entitas anak tetap konsisten pada kegiatan utamanya, yaitu dibidnag pengolahan makanan dan minuman. Sesuai dengan tujuannya, Perseroan bertekad akan terus menerus berupaya meningkatkan segala cara dan upaya untuk mencapai hasil yang terbaik untuk kepentingan seluruh pekerja, mitra usaha, pemegang saham, dan para konsumennya.
           
2.5 Etika pada PT. Mayora Indah Tbk dalam Memperlakukan Karyawan
      Satu area penting dari etika lintas budaya dan internasional adalah perlakuan terhadap karyawan oleh organisasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak kesempatan menuju perkembangan keterampilan dan karier, untuk menawarkan kompensasi dan tunjangan yang layak, dan untuk menghormati hak dan harga diri pribadi dari setiap karyawan.
Jumlah karyawan PT. Mayora Indah Tbk dan entitas anak per 31 Desember 2016 seluruhnya 11.199 orang, sementara pada tahun 2015 berjumlah 8.070 orang atau bertambah 3.129 orang. Penambahan ini sejalan dengan peningkatan volume penjualan perusahaan.
      Perusahaan memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia dalam semua tingkat dan fungsi jabatan yang ada di dalam perusahaan. Perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan pleh perusahaan selaras dengan arah dan kebijakan perusahaan baik yang bersifat strategis maupun untuk kepentingan jangka panjang.
      Upah dan kondisi kerja, meskipun diregulasi di beberapa Negara, juga merupakan area yang berpotensi kontroversial. Manajer yang mebayar kurang dari upah yang layak ia terima, hanya karena manajer tersebut tahu bahwa si karyawan tidak mungkin berhenti sehingga tidak akan berisiko kehilangan pekerjaan karena mengeluh, dapat dianggap tidak etis.
      Perusahaan perlu mengenali norma etis lokal di Negara tertentu dalam memperlakukan karyawan mereka, tetapi juga harus siap untuk ditandingkan dengan perbandingan internasional. Pertimbanganberbagai dilema etis yang diakibatkan oleh outsourcing produksi ke lokasi di luar negeri. Isu etis yang dihadapi manajer perusahaan tidak berakhir setelah produksi dipindahkan ke luar negeri atau dialihkan dengan outsourcing.
       Sistem outsourcing yang dijalankan sejumlah perusahaan tenaga kerja terus menjadi sorotan. Sebagai contoh, di dalam PT. Mayora Indah Tbk terdapat sejumlah tenaga kerja kontrak yang merasa dirugikan oleh perusahaan outsourcing yang mengirim mereka. Para tenaga kerja yang mengaku dirugikan dan dipermainkan PT. Platinum Sinar Inti menyampaikan permasalahan selama menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Para karyawan PT. Mayora Indah Tbk yang dipasok dari PT. Platinum Sinar Inti dirugikan dengan tidak sesuainya masa kerja seperti dijanjikan semula. Awalnya karyawan dipungut biaya sebesar Rp 600.000,- saat diterima kerja. Para tenaga kerja ini dijanjikan bekerja selama enam bulan terhitung sejak hari pertama masuk PT. Mayora Indah Tbk. Tapi pada kenyataannya, baru dua minggu bekerja, dia tiba-tiba diberhentikam secara sepihak tanpa ada penjelasan terlebih dahulu. Selain merasa dibohongi, para tenaga kerja juga mengaku dirugikan dengan adanya pemotongan upah setiap bulannya.
      Dikonfirmasi terpisah, Direktur PT. Platinum Sinar Inti, M. Panjaitan membantah jika perusahaannya memberhentikan karyawan yang telah bekerja secara sepihak dan melakukan pemotongan upah. Menurut Panjaitan, setelah tenaga kerja yang dipasoknya bekerja di salah satu perusahaan, sudah menjadi kewenangan penuh perusahaan.
      PT. Mayora Indah Tbk ini dalam memperlakukan karyawan sebenarnya sudah baik jika dilihat dari penjelasan dalam perusahaan, karena mereka sangat mementingkan Sumber Daya Manusia, tetapi kemungkinan masih banyak karyawan yang kurang puas terhadap perlakuan perusahaan terhadap mereka (karyawan). Apalagi perusahaan ini memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, sehingga tidak semua karyawan dapat perlakuan yang sama oleh perusahaan.

2.6 Mengembangkan Strategi Internasional
      Mengembangkan strategi internasional bukanlah proses satu dimensi. Perusahaan umumnya membawa manjemen strategi internasional dalam dua tahap yang luas, yaitu perumusan strategi dan penerapan strategi.
      Pada saat perumusan strategi, perusahaan menerapkan tujuannya serta rencana strategis yang akan mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam penerapan strategi, perusahaan mengembangkan sejumlah taktik untuk mencapai strategi internasional yang telah dirumuskan.
      Tingkatan strategi internasional terdapat beberapa strategi, yaitu:
1.      Strategi Perusahaan
Strategi perusahaan mencoba mendefinisikan wilayah bisnis mana yang diminati perusahaan untuk beroperasi.
2.      Strategi Bisnis Internasional
Strategi ini meminta perusahaan agar bergantung pada bisnis, produk, atau layanan tunggal untuk seluruh pendapatan yang dihasilkan. Keunggulan yang paling signifikan dari strategi ini adalah bahwa perusahaan dapat memusatkan keseluruhan sumber daya dan keahlian pada satu produk atau layanan.
3.      Strategi Bisnis
Meskipun strategi perusahaan menghadapi keseluruhan organisasi, strategi bisnis berfokus pada bisnis, anak perusahaan, atau unit operasi tertentu di dalam perusahaan.
4.      Strategi Fungsional

2.6.1 Strategi Pemasaran dan Pangsa Pasar PT. Mayora Indah Tbk
Strategi Pemasaran yang terarah adalah landasan perusahaan dalam menjangkau dan memenuhi pencapaian pangsa pasar perusahaan. Strategi tersebut diantaranya dijalankan dengan cara melaksanakan aktifitas promosi di lapangan yang sesuai dengan masing-masing target pasar yang dituju. Perusahaan juga mengembangkan produk-produk yang mempunyai kualitas tinggi dengan harga yang sebanding dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
Dengan melakukan identifikasi terhadap target konsumen, team marketing mampu menjalankan strategi pemasaran secara lebih efisien, terhindar dari pemborosan wwaktu dan biaya yang tidak perlu.
Salah satu keunggulan dari perusahaan dalam aspek pemasaran adalah Pangsa pasar produk perusahaan yang tidak terbatas pada usia, lokasi maupun harga. Perusahaan juga memiliki banyak varian produk yang dapat memenuhi permintaan semua kalangan yang terus menerus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun jenisnya.
Kunci sukses keberhasilan PT. Mayora Indah Tbk dalam bersaing, tentu saja tidak terlepas dari beberapa strategi yang diterapkan oleh pihak manajemen dalam mengatur strategi perusahaan mulai dari pemasaran, menghadapi konsumen dan pesaing. Salah satu produk perusahaan yang sangat laku di pasaran adalah kopi yang menjadi selera para konsumen, khususnya di Indonesia.
PT. Mayora Indah Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT. Mayora Indah dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terfragmentasi.
Memasuki tahun 2016. PT. Mayora Indah Tbk sudah mempersiapkan diri. Perusahaan yang terkenal dengan produk Kopikonya ini mengatakan akan focus mengembangkan strategi untuk terus memasuki pasar ekpor. Saat ini hamper seluruh prosuknya merajai pasar luar negeri, sebut saja Kopiko coffe dan candy, Danisa butter cookies, Malkist Crackers, Beng-beng chocolate, wafer, Choki-choki chocolate pasta, dan lain-lain.
Ekspor PT. Mayora Indah Tbk ini sudah menjelajah ke lebih dari 80 negara, mencakup Negara-negara ASEAN, Eropa, Middle East, Afrika, dan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejauh ini cukup memuaskan, namun perusahaan melihat masih banyak peluan untuk mengoptimumkan potensi pasar di Negara-negara yang bersangkutan.
PT. Mayora Indah Tbk memulai bisnis ekspor sejak lebih dari 30 tahun yang lalu, tepatnya dimulai pada tahun 1982. Berbagai kendala pun diakui membuat bisnis perusahaan semakin berkembang. Menurutnya, kendala utama bagaimana memahami konsumen luar dalam di tiap negara, seperti memahami kultur, sifat, perilaku, aspirasi dan kebutuhan mereka. Dimana pada akhirnya bagaimana perusahaan dapat menemukan the right consumer insight to formulate the winning product and marketing & sales strategy to meet their needs or wants.
Untuk itu perusahaan harus pandai dalam membaca situasi dan mendapatkan insight di negara tersebut. Hal ini membutuhkan kerja keras, riset yang mendalam, dan kecakapan dalam memahami dinamika konsumen di negara tersebut serta memformulasikan strategi baik marketing maupun sales.
Berhasil mencatatkan peningkatan nilai ekspor double digit dalam 5 tahun terakhir, Mayora Indah memiliki suatu pedoman yaitu selalu mengedepankan inovasi atau be different yet relevant to the consumer. Bukan hal yang mudah, tetapi dengan memahami konsumen secara mendalam ditambah dengan cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, perusahaan optimis produk Mayora tetap diminati oleh konsumennya.
“Yang paling fundamental dalam strategi kami adalah focus on 3P yaitu product, process, and people,” kata Awin Sirait, Global Category Head PT Mayora Indah Tbk.. Ia menjelaskan bahwa product harus menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen. Process, karena kami telah menjadi global player maka proses sangat dibutuhkan untuk membentuk konsistensi dalam brand building. Sedangkan people,merupakan aset yang terbesar bagi perusahaan.
Saat ini sebagian besar ekspor Mayora masih diproduksi di Indonesia. Namun jika dibutuhkan dalam suatu kondisi, misalkan besarnya bea masuk, maka tidak tertutup kemungkinan perusahaan akan membangun produksi di luar negeri. Tapi karena tenaga ahlinya ada di Indonesia maka tim dari Indonesia akan terlibat. Saat ini Mayora memiliki beberapa produksi di negara lain seperti di India dan Thailand.
Untuk membangun dan mengembangkan pasar ekspor, Awin Sirait menjelaskan bahwa kualitas produk adalah suatu keharusan dan prioritas utama. Selain itu memahami konsumen dari luar maupun dalam dan memformulasikan the winning product to meet their needs/wants merupakan kunci utama. Ini yang membuat konsumen repeat purchase, dan loyal terhadap merek atau produk.
Selain product quality, perusahaan percaya bahwa process dan people juga menjadi suatu andalan. Proses evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan membuat perusahaan selalu cepat take action untuk selalu unggul dalam kompetisi. Sedangkan people sebagai aset berhubungan dengan keselarasan visi misi dan kerjasama yang baik mulai dari tim internal, agency, supplier, distributor dan para partner lainnya yang berkontribusi dalam membangun merek-merek perusahaan.
Menghadapi MEA 2016 ini, Mayora akan terus fokus ke 3P dan memastikan existing product yang sudah ada tetap tumbuh serta brand equitynya semakin kuat dimata customer dan consumer. Selain itu terus memahami situasi dan grab opportunity yang ada sehingga inovasi yang akan dilakukan dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen dengan baik.
“Kami berusaha keras semua produk yang kami berikan kepada konsumen hanya bertujuan satu yaitu to delight our global consumers,” tutur Awin Siwait dengan lugas.
Jadi perusahaan akan selalu membangun strategi yang baik, dan tetap menjalankan 3P untuk memperluas dan mengembangkan produk-produknya baik di dalam maupun luar negeri, karena perusahaan optimis akan membuat produknya dapat selalu dikenal oleh masyarakat luar ataupun dalam negeri.
Strategi Pemasaran lain dari PT Mayora Indah Tbk diantaranya adalah:
a.       Produk
Menyediakan berbagai ragam kopi dengan 8varian sekaligus, yaitu Torabika Duo,Torabika Oke, Torabika Susu Full cream, Torabika Capuccino, Torabika Three In One,Torabika Moka, dan Torabika campuran. kualitas : kualitas yang tinggi karena PTMayora tidak melakukan penetrasi harga. Nama merek yang diberikan adalah Torabika sehingga orang mudah ingat dan paham karena merupakan jenis kopi.
b.      Harga
Harga yang diberlakukan sangat terjangkau tidak melebihi Rp.1500.
c.       Promosi
Untuk lebih mengenalkan hasil produksi perusahaan PT Mayora Indah,Tbk melakukan promosi melalui beberapa media dan secara aktif mendirikan stand di berbagai daerah dan di berbagai kegiatan yang sekiranya dapat menarik minat konsumen terhadap hasil produksi perusahaan. Media yang digunakan oleh PT Mayora Indah,Tbk antara lain, berita acara, video, foto dan iklan. Akan tetapi iklan yang dilakukan sangat minim. Promosi penjualan PT Mayora yaitu kepada penyedia layanan sepeda keliling dengan menawarkan pendapatan yang tinggi serta kepedulian sosial yang tinggi. Contohnya Perusahaan menawarkan kopi kepada penjual koran, yang mana ketika ada pembeli koran yang ingin membeli koran, mereka dapat membaca koran dengan menikmati kopi.
d.      Tempat
Strategi jemput bola dalam menggarap pasar kopi susu ini. Salah satu langkah yang diterapkan adalah menyediakan jasa kopi seduh di berbagai lokasi, mulai dari pusat perbelanjaan hingga menggunakan sepeda keliling.

2.7 Ekspor ke Pasar Asing
   Mengekspor (exporting) adalah menjual produk yang dibuat di Negara sendiri untuk digunakan atau dijual kembali di Negara lain. Ekspor adalah proses pengiriman produk dan jasa dari satu negara ke negara lain untuk digunakan atau dijual di sana. Sekelompok aktivitas adalah perdagangan dalam bentuk barang-produk berwujud seperti pakaian, makanan, minuman, dan bahan baku. Kelompok aktivitas lainnya adalah perdagangan dalam bentuk jasa-produk tidak terwujud seperti aktivitas perbankan, perjalanan, dan akuntansi.
Ekspor memberikan beberapa keuntungan ke perusahaan. Pertama, perusahaan dapat mengendalikan keterpaparan finansialnya (financial exposure) pada pasar negara tujuan yang dianggap sesuai dengan keinginan.Kedua, ekspor memungkinkan perusahaan dapat masuk ke pasar luar negeri secara bertahap, sehingga perusahaan dapat menilai kondisi lokal dan menyesuaikan produknya untuk memenuhi kebutuhan istimewa konsumen negara tersebut. Jika ekspornya diterima dengan baik oleh konsumen negara tujuan tersebut, perusahaan dapat memakai pengalaman ini sebagai dasar untuk masuk ke pasar tersebut dengan lebih ekstensif.
2.7.1        Bentuk-Bentuk Ekspor
1. Ekspor Tidak Langsung
Ekspor tidak langsung (indirect export) terjadi ketika perusahaan menjual produknya ke pelanggan domestik yang kemudian mengekspor produk tersebut baik dalam bentuk asli maupun dalam bentuk yang sudah mengalami modifikasi.
2.   Ekspor langsung
Ekspor langsung (direct exporting) terjadi melalui penjualan ke pelanggan, baik ke distributor maupun pemakai akhir yang berada di luar negara asal perusahaan. Ekspor langsung biasanya berasal dari usaha yang dimaksudkan untuk memperluas bisnisnya secara internasional.
3.   Transfer Intraperusahaan
Bentuk ketiga aktivitas ekspor adalah transfer intrakorporat yang menjadi semakin penting karena ukuran perusahaan multinasional (MNC) semakin meningkat. Transfer interkorporat (corcorporate transfer) adalah penjualan barang oleh perusahaan tertentu dalam negara tertentu ke perusahaan aliansinya di negara lain.
PT. Mayora Indah Tbk menggunakan bentuk ekspor langsung dan ekspor tidak langsung di dalam mengekspor barang baik di dalam negeri maupun di luar negeri. PT. Mayora Indak tbk memastikan bisa menutup tahun 2016 dengan penjualan sekitar Rp 18 triliun. Proyeksi penjualan itu di atas target awal yang mereka canangkan yakni Rp 17,5 triliun. Penjualan sebesar Rp 18 triliun itu setara dengan pertumbuhan 21,46% dibandingkan dengan capaian penjualan tahun 2015.
Menurut laporan keuangan, Mayora Indah mencetak penjualan Rp 14,82 triliun pada tahun lalu. Penyundul target penjualan tahun 2016 adalah penjualan ekspor. Menurut catatan internal Mayora Indah, penjualan momentum Natal dan Tahun Baru di pasar mancanegara melonjak 15%-20%.
PT. Mayora Indah Tbk juga sudah menjamah 60 negara di lima benua. Beberapa di antaranya adalah China, Jepang, Australia, Inggris, Rusia, Nigeria, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Brasil. Performa penjualan ekspor di akhir tahun tersebut juga lebih baik ketimbang penjualan domestik.
Namun catatan penjualan ekspor yang prima tak lantas mendorong PT. Mayora Indah menambah negara tujuan ekspor tahun depan. Perusahaan yang tercatat dengan kode saham MYOR di Bursa Efek Indonesia itu juga mempertahankan kontribusi pendapatan pada tahun ini.
Hingga 30 September 2016, penjualan lokal dan ekspor Mayora Indah, yakni Rp 7,47 triliun dan Rp 5,86 triliun. Dengan begitu, komposisi penjualan mereka adalah 56,04% penjualan lokal dan 43,96% penjualan ekspor.
Lebih dari itu, Mayora Indah juga tak mematok target penjualan agresif. Target pertumbuhan penjualan tahun depan bahkan lebih kecil ketimbang realisasi pertumbuhan kinerja tahun ini, yakni 10%. Manajemen Mayora Indah beralasan, ingin realistis dengan kondisi perekonomian tahun depan.
PT. Mayora Indah Tbk dalam mengatasi ekspor ke luar negeri dengan memberikan kinerja yang baik, jika kita lihat dari penjelasan di atas, kita akan tahu bahwa perusahaan mampu membuat produknya bertahan di dalam pasar asing. Walaupun begitu perusahaan tetap bisa memberikan yang terbaik pada penjualan lokal dengan tetap menjadi produk andalan dan dapat dipercaya oleh masyarakat lokal maupun masyarakat asing.

2.8 Demand dan Supply pada PT. Mayora Indah Tbk
Permintaan (demand) adalah jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli oleh konsumen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu. Secara sederhana maka dalam definisi permintaan terdapat tiga poin penting yang melekat yaitu poin pertama adalah jumlah produk (barang atau jasa) yang diminta, yang kedua adanya tingkat harga dan yang ketiga terjadi dalam periode waktu tertentu. Sedangkan penawaran (supply) adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga.
Hukum permintaan (demand) adalah semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikitlah jumlah barang yang diminta atau dijual. Jika semakin rendah harga suatu barang, maka semakin banyak jumlah barang yang akan diminta atau dijual. Sedangkan hukum penawaran mengatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, sebaliknya jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang. Dalam hukum penawaran juga berlaku kondisi ceteris paribus.
Di dalam permintaan dan penawaran, pasti ada yang namanya faktor-faktor yang mempengaruhi keduanya, baik itu pada permintaan atau penawaran, sebagai berikut:
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
a.       Harga barang itu sendiri.
b.      Harga barang lain, yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut.
c.       Pendapatan rumah tangga dan masyarakat.
d.      Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat.
e.       Cita rasa masyarakat.
f.       Ramalan mengenai keadaan di masa mendatang.
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
a.       Biaya produksi artinya biaya yang dikeluarkan untuk membuat barang atau jasa.
b.      Kemajuan teknologi atau adanya teknologi baru.
c.       Harga bahan baku untuk membuat barang.
d.      Banyaknya produsen yang menawarkan barang.
e.       Laba yang diinginkan produsen atau penjual.
2.8.1 Permintaan pada PT. Mayora Indah Tbk
Dalam PT. Mayora Indah Tbk tercatat ada kelebihan permintaan. Terlebih lagi waktu menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1437 H. tim logistic PT. Mayora Indah yang bertanggung jawab untuk pasokan produk ke pasar, Mayora Indah telah menyiapkan beberapa strategi untuk menjaga produk Mayora Indah agar tetap tersedia dalam jumlah yang cukup dan segar di pasar.
Permintaan lonjakan pengiriman di Indonesia umumnya terjadi pada hari-hari menjelang Idul Fitri, terutama untuk produk-produk konsumen seperti biscuit, wafer, kembang gula, dan lain-lain. Untuk menjaga produk Mayora Indah agar masih tetap ada dan tersedia di pasar dan konsumen masih dapat dengan mudah mendapakan produk-produk Mayora Indah di pasar, baik di pasar ritel, grosir, dan modern. Tim logistic melakukan kecepatan dan meningkatkan jumlah pengiriman kepada distributor gudang.
Dalam permintaan pasar ekspor di akhir tahun, PT. Mayora Indah Tbk mendapatkan lonjakan permintaan yang cukup besar. Komisaris PT. Mayora Indah Tbk, Hermawan Lesmana mengatakan, menjelang tutup akhir tahun terjadi peningkatan permintaan hingga 15%-20% pada Negara ekspor. Pendapatan di akhir tahun terbantu oelh pasar ekspor.
Dilihat dari laporan keuangan perusahaan yang berkode emitmen MYOR di Bursa Efek Indonesia (BEI), pendapatan MYOR yang didapatkan sebesar Rp 13,3 triliun. Pendapatan terbesar berasal dari penjualan lokal sebesar 55,6% atau sebesar Rp 7,4 triliun. Sementara sisanya 44% ontribusi dari pasar ekspor sebesar Rp 5,8 triliun. Sepanjang tahun 2016 MYOR optimistis dapat menyentuh target pendapatan Rp 17,5 triliun dengan tambahan peningkatan penjualan di pasar ekspor pada akhir tahun 2016.

2.8.2  Penawaran pada PT. Mayora Indah Tbk
Pada tahun 2012, Perseroan melakukan Penawaran Umum Obligasi IV Mayora Indah tahun 2012 dengan tingkat bunga tetap dan Sukuk Mudharabah II Mayora Indah tahun 2012. Hingga tanggal 31 Desember 2016, masih terdapat sisa dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Obligasi IV Mayora Indah tahun 2012 dengan tingkat bunga tetap, sebesar Rp. 50 miliar Rupiah. Sisa dana tersebut ditempatkan dalam bentuk deposito pada PT. OCBC NISP sebuah bank yang tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, dengan periode penempatan bulanan.
Pada tahun 2016 terakhir kali diperpanjang pada tanggal 13 Desember 2016 jatuh tempo pada tanggal 13 Januari 2017 dengan suku bunga sebesar 7% per tahun. Perseroan tidak melakukan perubahan Penggunaan dana sebagaimana diatur dalam Peraturan Bapepam Nomor X.K.4. Dana yang diperoleh dari obligasi dan Sukuk yang diterbitkan pada tahun 2012 digunakan sesuai dengan Rencana Penggunaan Dana seperti yang diungkapkan dalam prospektus.



2.9 Pedoman dan Kode Etik
Kode etik (code of ethics) formal – pernyataan tertulis berisi nilai-nilai dan standar etika yang memandu tindakan perusahaan. Namun demikian, dengan adanya kode etik saja tidak dapat memastikan perilaku etis. Kode etik harus didukung oleh praktik organisasi dan budaya perusahaan.
Keputusan yang harus diambil oleh perusahaan internasional adalah apakah mereka harus membuat pelatihan etika yang konsisten secara global atau disesuaikan dengan konteks lokal. Tanpa memandang pendekatan manapun yang mereka gunakan, sebagian besar perusahaan multinasional member ekspatriat mereka dengan pelatihan etika lokal untuk lebih menyiapkan mereka untuk tugas mereka di luar negeri.

2.9.1 Pokok-Pokok Kode Etik pada PT. Mayora Indah Tbk
Perseroan memiliki kode etik perusahan yang merupakan perangkat dalam mendukung visi dan misi perusahaan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan internal perusahaan.
Kode Etik Perseroan menjabarkan prinsip yang menjadi landasan berperilaku bagi segenap anggota yang bergabung dalam keluarga besar Perseroan dalam melakukan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing.
Pokok pokok kode etik Perseroan, didasarkan pada "7 (tujuh) Prinsip Mayora", yaitu ; Quality, Efisiensi, Invonation, Passion, Wisdom, Responsibility, dan Confidence.

2.9.2 Bentuk Sosialisasi Kode Etik dan Upaya Penegakannya
Kode etik ini disampaikan kepada seluruh pekerja sejak pertama kali mereka bergabung sebagai keluarga besar Mayora, dan pihak Human Resources Development senantiasa mengingatkan kembali mengenai prinsip prinsip ini dalam setiap acara sosialisasi, pelatihan maupun pertemuan pertemuan lainnya.


2.10 Tanggung Jawab Sosial PT. Mayora Indah Tbk
Secara spesifik, tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility – CSR) adalah serangkaian tanggung jawab yang dilakukan perusahaan untuk melindungi dan mengangkat masyarakat di mana mereka berfungsi.
Kerangka yang paling umum digunakan untuk mendefinisika CSR adalah triple bottom line, yaitu gagasan bahwa perusahaan harus memerhatikan dan menyeimbangkan tiga tujuan dalam merumuskan dan menerapkan strategi dan keputusan mereka, yaitu:
1.      Memenuhi misi ekonomi mereka, menghasilkan laba bagi pemegang saham mereka serta menciptakan nilai untuk pemangku kepentingan mereka.
2.      Melindungi lingkungan
3.      Mengangkat kesejahteraan umum masyarakat
Pada dasarnya, tanggung jawab sosial perusahaan dilakukan oleh Perseroan sebagai bentuk tanggung jawab Perseroan terhadap seluruh pemangku kepentingan, baik terhadap lingkungan, karyawan, konsumen, komunitas, maupun pemegang saham. Biaya yang dikeluarkan untuk program-program yang dilaksanakan pada Rp. 1 miliar.

2.10.1 Di bidang Lingkungan Hidup
Sebagian besar Negara mempunyai hukum yang berusaha melindungi dan meningkatkan kualitas air, tanah, dan udara mereka. Sayangnya, di beberapa Negara, penegakan hukum ini lemah atau tidak dilakukan. Perusahaan terkadang memandangi bahwa dengan mengikuti hukum – tidak lebih, tidak kurang – telah memenuhi tanggung jawab mereka terhadap lingkungan alam.
   PT. Mayora Indah Tbk selalu meningkatkan efiseiensi dalam penggunaan material dan energy yang diperlukan untuk mengurangi penggunaan material dan energy yang tidak dapat didaur ulang.
   Sebagai produsen makanan, PT. Mayora Indah hamper tidak memiliki limbah yang dapat mencemari lingkungan. Limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi perusahaan dengan memiliki Waste Water Treatment Plan yang mengelola limbah cair melalui proses pengelolaan biologis untuk mengurai senyawa organic oleh bakteri pengurai.setelah melalui proses pengendapan pada setiap akhir tahapan proses, limbah akan diendapkan terlebih dahulu pada bak pengendap (clarifier tank) sehingga air limbah yang dialirkan keluar dari pabrik Perseroan sudah memenuhi standar baku mutu yang diatur oleh Badan pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal).
2.10.2 Di bidang Praktik Ketenagakerjaan
Beberapa orang percaya bahwa selain memperlakukan para pemangku kepentingan mereka dan lingkungan secara bertanggung jawab, organisasi bisnis juga harus mempromosikan kesejahteraan umum masyarakat. Beberapa praktik ketenagakerjaan yang dilakukan oleh PT. Mayora Indah Tbk, sebagai berikut:
1.      Kesetaraan gender dan kesempatan kerja
PT. Mayora Indah tidak pernah melakukan diskriminasi pada tenaga kerja. Dalam segala hal, semua  pekerja mempunyai kesempatan yang sama sesuai peraturan yang ada, tanpa membedakan gender, suku, agama maupun ras.
2.      Sarana dan keselamatan kerja
Kesehatan dan keselamatan kerja, merupakan prinsip yang dilaksanakan secara teguh oleh PT. Mayora Indah Tbk. Untuk itu, Perseroan memiliki Safety Officier yang telah mendapat sertifikat AK 3 Umum, yaitu Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Perseroan juga selalu melakukan perawatan rutin terhadap semua fasilitas dan peralatan kerja yang digunakan.
3.      Tingkat perpindahan (turnover) karyawan
Tingkat perpindahan karyawan selama tahun 2016 adalah 5% (lima persen).
4.      Tingkat kecelakaan kerja
Tingkat kecelakaan kerja pada tahun 2016 adalah 0,03% dari jumlah karyawan pada tanggal 31 Desember 2016.
5.      Pendidikan dan/atau pelatihan
Menjadikan Sumber Daya Manusia menjadi semakin berkualitas terus menerus diprogramkan oleh Devisi Sumber Daya Manusia Perseroan. Diantaranya adalah dengan semangat menumbuhkan “Learning Culture” dilingkungan Perseroan.
Seiring dengan perhatian dan komitmen dari manajemen pada pengembangan Sumber Daya Manusia, metode-metode SDM dengan konsep “Talent Management” terus dikembangkan, dengan demikian Perseroan dapat menjawab tantangan percepatan dunia usaha dengan ketersediaan SDM yang memadai.
Saat ini satu lagi kemajuan yang telah diraih, yaitu adanya ”Human Resource Information System” dimana prosedur kepersonaliaan dan perekrutan yang diadakan dapat terkoneksi dengan baik sehingga “people development” berbasiskan kompetensi termasuk dengan penataan ”grading structure” dapat lebih dimaksimalkan.

2.10.3 Di bidang Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
Semua organisasi yang serius dalam tanggung jawab sosial harus memastikan bahwa usaha-usaha mereka mengahsilkan manfaat yang diinginkan. Banyak organisasi sekarang mengharuskan karyawan lama dan baru untuk membaca pedoman atau kode etik mereka dan kemudian menandatangani pernyataan yang menyetujui untuk mematuhinya. Organisasi juga harus mengevaluasi bagaimana mereka merespons terhadap terjadinya perilaku hukum atau Erika yang meragukan.
   Pemberdayaan bagi masyarakat yang berada disekitar PT. Mayora Indah melakukan kegiatan usahanya, dilakukan dengan memberi mereka kesempatan untuk bergabung sebagai pekerja pada PT. Mayora Indah. Disamping itu, PT. Mayora Indah juga memberikan penyuluhan pada masyarakat sekitar, terutama penyuluhan mengenai kebersihan dan cara hidup sehat.
   Untuk jangka panjang, PT. Mayora Indah mempunyai program yang bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui program penyuluhan dan pendampingan petani kopi. Program pendampingan ini difokuskan pada pola budidaya tanaman kopi paska panen, sehingga disaat yang bersamaan dapat dihasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi dan peningkatan pendapatan bagi para petani kopi.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
PT. Mayora Indah Tbk dalam pangsa pasar sebagai salah satu Industri makanan yang menjadi saingan berat bagi produsen-produsen sejenis dengan PT. Mayora Indah Tbk. PT. Mayora Indah Tbk sebagai salah satu Fast Moving Cusomer Goods Companies yang telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan.
Dengan memiliki sejarah perkembangan usaha dari tahun 1978-2010, PT. Mayora Indah Tbk mampu membuat usahanya mencapai go public. Perusahaan juga mendapatkan peringkat pertama  dalam produk makanan dan minuman terbaik di Indonesia “top five managed companies in Indonesia” oleh Asia Money.
PT. Mayora Indah Tbk juga mempunyai etika dalam memperlakukan karyawannya. Perusahaan menghormati hak dan harga diri dari setiap karyawannya.
Strategi bisnis dari PT. Mayora Indah dalam memasuki pangsa pasar adalah salah satu keunggulan yang dimiliki perusahaan. Perusahaan juga memiliki banyak sekali varian produk yang dapat selalu memenuhi permintaan para komsumen. Perusahaan berhasil mengekspor produknya sampai ke luar negeri, walaupun sebagian besar ekspor produk masih banyak di Indonesia. Perusahaan juga menerapkan strategi 3P untuk memperluas dan mengembangkan produknya.
PT. Mayora Indah Tbk mengekspor produknya dengan menggunakan ekspor secara langsung dan ekspor tidak langsung. Penjualan tersebut membuahkan hasil yang cukup baik bagi perusahaan. PT. Mayora Indah juga sudah dapat mengekspor ke luar negeri. Performa penjualan ekspor di akhir tahun tersebut juga lebih baik ketimbang penjualan domestik.
Permintaan dari PT. Mayora Indah melonjak tinggi pada saat Hari Raya Idul Fitri. Lonjakan tersebut terjadi pada hari-hari menjelang Idul Fitri. Tidak hanya pada Hari Raya Idul Fitri saja, tetapi pada akhir tahun pun permintaan ekspor perusahaan juga melonjak cukup besar di tahun 2016, peningkatan permintaan mencapai hingga 15%-20% pada Negara ekspor. Sedangkan penawaran dalam PT. Mayora Indah tidak melakukan perubahan penggunaan. Pada tahun 2016 diperpanjang pada 13 Desember 2016 dan jatuh tempo pada tanggal 13 Desember 2017 dengan suku bunga 7% per tahun.
Tanggung jawab sosial PT. Mayora Indah Tbk dilakukan dalam beberapa bidang, antara lain di bidang lingkungan hidup, praktik ketenagakerjaan, dan pengembangan sosial dan kemasyarakatan.























DAFTAR PUSTAKA

W. Griffin, Ricky dan Michael W. Pustay. 2015. Bisnis Internasional. Jakarta: Salemba Empat
http://belajarnulisserius.blogspot.co.id/2011/07/pengaruh-sistem-outsourcing-terhadap.html?m=1
http://www.idx.co.id/
https://www.indopremier.com/ipotgo/newsDetail.php?jdl=Permintaan_ekspor_Mayora_naik_15%_di_akhir_tahun&news_id=264456&group_news=RESEARCHNEWS&taging_subtype=STOCK&name=&section=
https://swa.co.id/swa/trends/marketing/tahun-ini-mayora-fokuskan-strategi-3ptahun-ini-mayora-fokuskan-strategi-3p
https://www.plengdut.com/penawaran-supply/737/

{ 23 komentar... read them below or Comment }

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Halo,

    Saya Tuan James Althouse, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Sudahkah Anda ditolak oleh bank dan agen keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? tidak perlu mencari lagi karena kami ada di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis dengan tingkat bunga 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman.
    yang kami butuhkan hanyalah informasi Anda dalam format di bawah ini

    RINCIAN
    1) Nama Lengkap: …………
    2) Negara: ………………
    3) Alamat: ……………
    4) Seks: …………………
    5) Status Perkawinan: ……………
    6) Tanggal Lahir ..........
    7) Pekerjaan: ………………
    8) Penghasilan bulanan: ………………
    9) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: …………
    10) Durasi Pinjaman: ……………
    11) Tujuan Pinjaman: ………
    12) nomor telepon ..........

    Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang Anda inginkan.

    Salam,
    James Althouse
    Email jamesalthousefinancefirm@gmail.com
    nomor whatsapp +1(503)882-0085

    BalasHapus
  4. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIM
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  5. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Karina Elena Roland
    email ......... (karinarolandloancom

    BalasHapus
  6. Salam! Salam!! Salam semuanya !!!

    Saya punya kabar baik untuk Anda semua. Saya mencoba menyimpannya untuk diri saya sendiri tetapi saya tidak bisa berhasil dan menyaksikan penderitaan sesama manusia. Nama saya Ampang Luci Burhan dari kota Semarang di Indonesia bersama suami dan anak-anak.
    Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan cermat. Saya sangat senang memberikan kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya, pemberi pinjaman kredit yang sah, saya telah menderita di tangan pemberi pinjaman internet palsu di halaman web tertentu, saya telah digunakan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah bertanya saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan India. Saya kesakitan karena hutang saya, dan saya dibayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat hutang saya lebih besar. Saya senang ketika teman saya memberi tahu saya bahwa dia mendapat pinjaman melalui internet, dia adalah orang yang memberi tahu saya tentang REBACCA ALMA LOAN COMPANY, dan saya memohon pinjaman 3 Miliar Rupiah, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa Saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tetapi saya sangat senang bahwa pinjaman saya diteruskan dan dikirimkan ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah verifikasi dan otentikasi. Sekarang saya telah berdiri di perusahaan saya yang sebelumnya. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya memiliki kedudukan keuangan yang stabil ketika saya menulis pesan ini. Jadi, jika ada orang di sini yang ingin mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi MRS REBACCA ALMA LOAN COMAPNY dalam emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, yang lain palsu. Cukup ikuti semua prosedur dalam Rabacca Alma Loan dan saya jamin Anda akan mendapat pinjaman, sebaiknya Anda tidak kehilangan uang seperti saya.
    Rabacca Alma Meminjamkan The Good Mother Rincian Kontak. Silakan hubungi dia dia sah.
    Nama: Rebacca Alma
    Telepon: +14052595662
    WhatsApp: +14052595662
    https://Instagram.com/rebaccaalma
    e_mail: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Situs web: https://rebaccaalmaloancompany.blogspot.com

    Hubungi saya juga sehingga saya dapat memberikan informasi dan perkumpulan lebih lanjut:
    Email Saya: ampanglusiburhan@gmail.com
    Nama: Ampang Luci Burhan
    Alamat: Semarang
    Negara: Indonesia
    Telepon: +62 81223046876
    WhatsApp: +62 81223046876

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  7. PENGUJIAN: Ny. Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    CITY: Semarang
    MY WHATSAPP NO: +62 821-3272-6590
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: ACCOUNT BCA No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman online terkemuka yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan, tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok scammers karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari omong kosong dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat kurus karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya usia 5 dan 8 juga tidak terlihat bagus selama periode COVID19 kuncian ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lask saya melihat teman keluarga lama suami saya dan saya mengatakan kepadanya semua yang saya telah lewati dan dia mengatakan satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan suku bunga 2% yang terjangkau dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRASI} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi baik ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan atas rahmat ALLAH YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa ada tekanan atau masalah Aku dan inilah sebabnya aku datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan untuk membiarkan orang tahu bahwa masih ada agen pinjaman nyata dan terkemuka online. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  8. CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTASI PERUSAHAAN (CMLIC) ALAMAT NEVILLE STREET, PRAIRRIEVILL, LA, LOUISIANA 70769 USA
    BERITA BAIK BAIK BERITA BAIK

    PELUANG PINJAMAN !!!
    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Apakah bank Anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak perlu jaminan. Saya seorang investor swasta yang berspesialisasi dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman real estat, kombinasi pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial, dll. Rasa sakitnya adalah milik Anda, saya akan memenuhi keinginan Anda janji
    Tidak ada permainan, tidak ada bisnis. Jumlah Pinjaman: Minimum $ 1.000 hingga jumlah pinjaman maksimum $ 10.000.000 Suku bunga pinjaman: 2% Area pinjaman: seluruh dunia Durasi maksimum: hingga 20 tahun.
    Jika Anda tertarik, lengkapi formulir permohonan pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: __________
    Negara: ____________
    Seks: ________________
    Umur: ________________
    Jumlah pinjaman: _____
    waktu durasi: _______
    Tujuan Pinjaman: _______
    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui email perusahaan saya christaelloancompany@gmail.com
    email: Christabelloancompany@gmail.com
    Neville Street, Prairrieville, LA, Louisiana 70769, AS
    Facebook: christabel missan ibu
    Nomor Whatsapp +15614916019

    BalasHapus
  9. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek keinginan hati Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Kredit Pemilikan Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman pelajar.
    Pinjaman bayaran.
    Pinjaman syariah.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinaloancompany @ gmail com WhatsApp only +1 (585) 708-3478.

    BalasHapus
  10. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    CITY: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62 877-4316-8500
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berputar.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk pergi, sekarang ALLAH menggunakan teman dan tetangga saya Ny Rini anggraeni yang membantu saya menghubungi MOTHER KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesia menghubungkannya dengan MOTHER KARINA, jadi saya menceritakan kepada ibu cerita saya, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelum itu saya meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, dengan harapan dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui mengatakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email atau whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi kabar baik sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    WHATSAPP ONLY: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  11. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1(585)708-3478 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut. , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  12. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  13. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan adalah keputusan yang bijak.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus
  14. Nama saya Devina dari Jakarta di Indonesia, saya menghabiskan waktu saya disini karena janji yang saya berikan kepada PROMISE dan ibu CHRISTABEL yang kebetulan adalah pemberi pinjaman online dari PROMISE SOLEDAD LOAN COMPANY dan GREAT CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT Saya berdoa kepada TUHAN agar dapat untuk melihat posisi saya hari ini. CHRISTABEL MISSAN DAN PROMISE SOLEDAD ADALAH LENDER NYATA
    Beberapa bulan yang lalu saya melihat sebuah komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia mendapatkan pinjaman online menurutnya sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan CHRISTABEL dan Bu PROMISE keduanya memberi saya 2 pinjaman berbeda masing-masing Rp800 tanpa stres dan tahu penundaan, tolong saya nasehatkan siapa saja yang membutuhkan pinjaman mendesak harus dengan hormat menghubungi CHRISTABEL MISSAN melalui email: christabelloancompany@gmail.com dan ibu PROMISE SOLEDAD email: promiseoledadloancompany@gmail.com
    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk memastikan kebenarannya dan untuk membimbing saya bagaimana dia mendapatkan pinjaman, dia menyuruh saya untuk menghubungi Bu CHRISTABEL AND PROMISE SOLEDAD dia memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah bagaimana cara mengajukan pinjam saya mulai menghubungi mereka, mengisi aplikasi pendaftaran, mengirim scan copy KTP saya, kemudian mendaftar ke perusahaan.
    Lalu saya bertanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa apa yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.
    Saya menghubungi Mrs Promise dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya. Saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman ditransfer ke akun saya, saya diminta untuk berjanji untuk berbagi kabar baik tentang Christabel Missan dan Promise Soledad dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya. menerima pinjaman masing-masing Rp800 dari 2 perusahaan
    Jadi saya menyarankan setiap orang yang sedang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Christabel dan Janji melalui email: christabelloancompany@gmail.com dan
    promiseoledadloancompany@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman terjamin

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: reddevina@gmail.com
    Dan Anda masih bisa menghubungi teman baik saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya lianmeylady@gmail.com

    BalasHapus
  15. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang jatuh karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Ya Tuhan, teman-teman yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, memperkenalkan saya pada perusahaan terpercaya di mana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan

    Saya sangat senang Tuhan memakai teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk menghubungi
    christabel ibu melalui email: christabelloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    Sebuah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan hidup sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu baik Christabel Missan nomor WhatsApp +15614916019

    BalasHapus
  16. blankatmmasterusa@gmail.com
    Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this cards to all our customers and interested buyers
    worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000
    spending limit in stores and unlimited on POS.

    YOU CAN ALSO MAKE BINARY INVESTMENTS WITH LITTLE AS $500 AND GET $10,000 JUST IN SEVEN DAYS

    **WHAT WE OFFER** 

    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or WhatsApp us Contact us today for more enlightenment *
    *+1(539) 888-2243*
    **BEWARE OF SCAMMERS AND FAKE HACKERS IMPERSONATING US BUT THEY ARE NOT
    FROM *
    *US CONTACT US ONLY VIA THIS CONTACT **
    *WE ARE REAL AND LEGIT...........2020 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..*

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED
    blankatmmasterusa@gmail.com

    BalasHapus
  17. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  18. Am Fx Bambang Kartiko Putro dari Surabaya dan saat ini berdomisili di Jl otista 82 RT 010 RW 012 Bidara Cina, Jatinegara Jakarta, Indonesia.

    Saya ingin mengucapkan selamat kepada perusahaan Pinjaman Ibu Rika Anderson atas dana cepat dan aman yang mereka berikan kepada saya tanpa jaminan.

    Saya mendapat 250 juta (Rp250.000.000) pada tanggal 28 Juli 2020 (28/08/2020) dari perusahaan pinjaman ibu Rika Anderson dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak-anak saya dan bisnis furnitur.
    Saya menyarankan siapa pun di Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu rika tanpa penundaan. Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang dapat saya jamin 100% tanpa kekecewaan.

    Kontak melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    support@rikaandersonloancompany.com
    Situs web: rikaandersonloancompany.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084
    Twitter: PinjamanRika
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloan

    Tanggal: 28 Juli 2020
    Email Saya: bambang.kartiko101@gmail.com
    Twitter: @KartikoBambang
    Instagram: bambang.kartiko101

    BalasHapus
  19. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  20. HALO
    saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman sebesar $60.000 tetapi dia menyetujui $50.000 dan itu adalah $50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis email ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY  sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1(585) 708-3478, atau +1(323) 230-9820 untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail .com

    BalasHapus
  21. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman Rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  22. Nama saya RONI DILLA, saya ingin menggunakan media ini untuk menasihati semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak pemberi pinjaman Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan Rp 15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari PUSAT PINJAMAN MODAL dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk mengkonfirmasi dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya. teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. Tomasa Justin, CAPITAL CENTER, dia membuat dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya memenuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan aplikasi pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan. Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik, Bu MARIA PEDRO.
    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik. jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik, jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya MARIAPEDRO melalui EMAIL: [mariapedroguaranteetrustloan@gmail .com]

    Yono viadia EMAIL: YONOSURI702@GMAIL.COM

    Anda masih dapat menghubungi saya jika membutuhkan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: ronidilla76@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi teman saya Suri

    Terima kasih sekali lagi telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus

- Copyright © Silahkan Mengunjungi - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -